JADWAL Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022: Tiga Negara Siap Dilibas

JADWAL Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022: Tiga Negara Siap Dilibas

Tiga negara dengan kultur sepak bola kuat akan menjadi tantangan tersendiri dalam jadwal Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Timnas Indonesia bakal mendapat ujian dari Thailand, Vietnam, dan Uni Emirat Arab dalam laga Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. Timnas Indonesia dijadwalkan akan bertanding dengan tiga negara tersebut pada bulan Juni mendatang.

Laga Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 ini akan dihelat di Uni Emirat Arab. Thailand akan menjadi lawan perdana skuat Garuda di ajang tersebut. Bila mengacu pada jadwal, Timnas Indonesia dan Thailand akan bentrok pada 3 Juni 2021 mendatang.

Berselang empat hari, Evan Dimas cs akan adu kuat dengan Vietnam. Setelah itu, skuat Merah Putih akan berhadapan dengan Uni Emirat Arab di laga terakhir pada 11 Juni 2021. Secara matematis, Indonesia sudah dipastikan tidak akan lolos ke ajang Piala Dunia 2022.

Hal itu terjadi setelah skuat Garuda gagal meraup satu poin pun dalam 5 laga yang sudah dilakoni. Timnas Indonesia bahkan harus puas menyandang predikat tim juru kunci Grup G. Gawang timnas tercatat kebobolan sebanyak 16 kali dalam 5 laga tersebut.

Rekor kebobolan yang cukup banyak itu sayangnya tak dapat diimbangi dengan produktifitas mencetak gol. Dikutip dari Flashscore , timnas baru membuat 3 gol dari 5 laga yang sudah dijalani. Pelatih Shin Tae yong tentu memiliki pekerjaan rumah yang tak mudah di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Shin Tae yong pun nampaknya sadar dengan apa yang menghadang Timnas Indonesia di laga selanjutnya. Pria berusia 51 tahun ini pun mengambil siasat dengan menggelar pemusatan latihan atau TC sejak awal bulan Mei 2021. Para pemain yang terpilih mengenakan lambang Garuda di dada digembleng untuk meningkatkan kualitas diri.

Faktor mental dan kondisi fisik menjadi sorotan utama pria yang pernah melatih Timnas Korea Selatan tersebut. Kesiapan mental dianggap penting lantaran Indonesia akan menjalani laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 yang tidak mudah. "Yang saya mau dari pemain fokus ke tanggal 3 Juni ada sisa pertandingan Kualifikasi Piala Dunia," ungkap Shin Tae yong.

"Jadi saya akan memfokuskan lagi perubahan mental jelang pertandingan tersebut." "Yang jelas kita mau menunjukkan bahwa tim ini telah ada proses perkembangan dari sebelumnya," sambungnya. Tak hanya soal mental pemain, kondisi fisik dari Ryuji Utomo dkk juga menjadi perhatian pelatih berusia 51 tahun tersebut.

Menurutnya, kondisi fisik dari para pemain skuat Garuda masih jauh dari apa yang ia inginkan. Shin Tae yong belum bisa berbuat banyak untuk membenahi faktor fisik pemain lantaran waktu pelaksanaan TC yang berada dalam nuansa Ramadan. "Jujur memang karena lagi masa masa puasa tidak bisa menambahkan nutrisi secara maksimal," ujar Shin Tae yong.

"Karena fisik juga belum bisa digembleng saat ini, jadi saya belum dapatkan karakteristik tim yang saya mau." "Otomatis intensitas latihan kita tidak bisa tinggi, rendah saja. Dan juga beberapa latihan fisik tidak bisa dilakukan saat ini." "Setelah puasa baru kita akan lakukan latihan yang telah direncanakan," lanjutnya.

Timnas Indonesia vs Afghanistan >>>> 25 Mei 2021 Timnas Indonesia vs Oman >>>> 29 Mei 2021 Timnas Indonesia vs Thailand >>>> 3 Juni 2021

Timnas Indonesia vs Vietnam >>>> 7 Juni 2021 Timnas Indonesia vs Uni Emirat Arab >>>> 11 Juni 2021

Superskor