Daftar Pemain ‘Buangan’ Persib Bandung yang Mengilap di Piala Menpora 2021

Daftar Pemain ‘Buangan’ Persib Bandung yang Mengilap di Piala Menpora 2021

Dua pemain 'buangan' Persib Bandung, Zulham Zamrun dan Beni Oktovianto, menjelma jadi pemain yang cukup cemerlang di Piala Menpora 2021. Persib Bandung melepas sejumlah pemainnya jelang dimulainya gelaran Piala Menpora 2021. Selain melepas, Persib Bandung juga ditinggalkan beberapa pemain yang memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak.

Terhitung, ada enam pemain yang undur diri dari skuad Maung Bandung pada awal musim 2021. Mulai dari Fabiano Beltrame dan Zulham Zamrun yang didepak Persib, hingga Ghozali Siregar, Beni Oktovianto, Kim Kurniawan, dan Omid Nazari yang mengundurkan diri. Hebatnya, dua dari enam pemain yang 'dibuang' Maung Bandung justru tampil cemerlang dalam gelaran Piala Menpora 2021.

Kedua pemain yang dimaksud adalah Beni Oktovianto dan Zulham Zamrun. Seperti diketahui, kedua pemain itu sudah memiliki tim baru dalam gelaran turnamen pramusim kali ini. Beni Oktovianto merapat ke Barito Putera dan Zulham Zamrun direkrut PSM Makassar.

Usai lepas dari Persib, dua pemain itu malah tampil cemerlang dengan mencetak gol dalam gelaran Piala Menpora 2021. Beni bisa mencetak gol lebih dulu saat Barito Putera bertemu Arema FC pada laga kedua Grup A, Kamis (25/3/2021). Pada menit ke 24, Beni mencetak gol indah setelah lebih dulu mengelabui dua pemain bertahan Singo Edan.

Gol itu sekaligus mengunci kemenangan Barito Putera dengan skor 2 1 atas Arema FC. Sementara itu, gol Zulham Zamrun tercipta saat PSM Makassar menghadapi Borneo FC pada laga ketiga Grup B, Rabu (31/3/2021). Eksekusi tendangan bebasnya pada menit ke 24 mengarah tepat ke gawang Borneo FC dan berbuah gol.

Sumbangan satu gol itu membantu PSM lolos ke perempatfinal Piala Menpora 2021 setelah bermain imbang 2 2. Meski hanya masing masing hanya menyumbang satu gol, catatan itu masih lebih baik ketimbang striker andalan Persib pada musim 2020, Wander Luiz. Sejauh ini, pemain asal Brasil itu belum mampu mencetak satu pun gol untuk Maung Bandung.

Tiga gol yang dicetak oleh Persib sejauh ini berasal dari kaki Esteban Vizcarra, Frets Butuan, dan Ezra Walian. Persib Bandung sendiri masih punya sisa satu laga dalam mengarungi fase grup Piala Menpora 2021. Skuad Maung Bandung masih harus berhadapan dengan Persiraja Banda Aceh pada Jumat (2/4/2021) sebelum bisa memastikan diri lolos ke babak delapan besar.

Gelandang asing anyar Persib Bandung, Farshad Noor, sudah dikontrak selama satu musim di Maung Bandung. Namun, kapten Timnas Afghanistan itu masih dalam pantauan tim pelatih Maung Bandung. Dengan demikian, manajemen Persib belum menjamin posisi FarshadNoor di skuad Pangeran Biru di Liga 1 2021.

Pihak klub masih memantau kualitas Farshad selama tampil di Piala Menpora 2021. "Tidak ada (jaminan bagi Farshad Noor). Namun, dia tetap kami kontrak sesuai prosedur. Ya harus ada kontrak," kata Direktur PT PBB, Teddy Tjahyono, dikutip dari Kompas.com . Teddy berujar bahwa ada sejumlah klausul yang tercantum dalam kontrak Farshad bersama Persib.

Teddy memang tidak mengungkapkan detail klausul kontrak Farshad. Tetapi sepertinya, ada sejumlah kondisi yang memungkinkan Persib untuk melanjutkan atau membatalkan kontrak tersebut. "Ya ada kondisinya, tetapi tetap kontrak. Semua kan harus kontrak. Ada aturannya. Setiap pemain yang main di Piala Menpora 2021 harus ada kontrak dan terikat dengan tim masing masing," ujar Teddy.

"Kontrak Farshad cuma setahun, tetapi ada kondisinya ya di dalam kontraknya. Kontraknya setahun tetapi ada opsi," ucap Teddy. Meski demikian, Teddy menjamin bahwa nasib Farshad tidak ditentukan setelah kiprah Persib berakhir pada Piala Menpora 2021. Sebab, saat ini, Farshad saat ini belum dalam performa terbaiknya.

Apalagi, Farshad masih membutuhkan waktu beradaptasi dengan lingkungan baru dan juga karakter permainan Persib. Menurut Teddy, tim pelatih akan terus memantau perkembangan Farshad selama masa pramusim menuju Liga 1 2021. Menurut Teddy, Persib tidak akan bertindak sadis dengan memutus kontrak tanpa ada evaluasi dan alasan yang jelas.

"Ya tidak seperti itu. Kalau gitu kan sadis namanya," ucap Teddy. Pelatih PersibBandung, Robert Rene Alberts, mengatakan bahwa belum ada yang bisa dikomentari dari performa Farshad dalam debutnya bersama Persib. Sebab, pemain kelahiran Belanda itu masih dalam tahap penyesuaian.

"Farshad bermain kurang lebih selama 10 menit. Dia baru dalam tahap penyesuaian terhadap cuaca, budaya, dan gaya bermain tim. Jadi, kami tidak melihat terlalu banyak darinya di laga ini, tetapi penting baginya untuk merasakan lagi bermain sepak bola," kata Robert. Persib Bandung jadi pemuncak klasemen sementara Grup D Piala Menpora 2021 dengan torehan empat poin dari dua kali penampilan. Skuad Maung Bandung akan menjalani laga pamungkas kontra Persiraja Banda Aceh di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogayakarta, pada 2 April 2021 pukul 18.30 WIB.

Jelang duel itu, gelandang asing anyar PersibBandung, FarshadNoor, mengaku dirinya bersyukur bisa menjalani debut bersama tim Pangeran Biru. Pemain Timnas Afghanistan itu jalani laga perdana saat Persib menghadapi Persita Tangerang di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, pada Senin (28/3 2021). Farshad mengaku telah lama menantikan kesempatan tampil bersama Persib.

Pada laga kontra Persita, Farshad diturunkan sebagai pemain pengganti Dedi Kusnandar pada menit 82. "Sangat senang dengan debut saya bersama Persib kemarin. Sebenarnya, sudah cukup lama saya menantikan momen itu," kata Farshad dikutip dari persib.co.id. "Saya bersyukur, pelatih memberikan kesempatan bermain, meski terbilang pendek. Sebab, saya belum dalam kondisi bugar. Saya berjuang untuk mencapai kondisi itu setiap harinya," ujar Farshad.

Farshad juga menyampaikan terima kasih atas sambutan hangat dan dukungan dari para Bobotoh. Menurutnya, setiap dukungan sangat bermakna penting untuk dirinya memberikan penampilan terbaik bagi Persib. "Saya sampaikan terima kasih kepada seluruh suporter. Semoga, tahun ini kami bisa meraih pencapaian besar," ucap Farshad.

Saat ini, pemain berusia 26 tahun tersebut mengaku bahwa fisiknya semakin bugar. Seperti diketahui, pemain kelahiran Belanda itu sedikit terlambat bergabung bersama tim, karena harus menjalani masa karantina di Jakarta selama hampir sepekan. Namun, saat ini Farshad lebih percaya diri dan merasa lebih siap bila mendapatkan kepercayaan untuk tampil sejak awal pertandingan.

"Saya siap tampil sebagai starter, karena kondisi semakin membaik. Saya sudah menantikan momen itu jadi kita lihat saja nanti. Yang pasti saya akan sangat senang jika bisa diturunkan sejak menit pertama," tutur Farshad.

Superskor