Lebarkan Wawasan dengan 5 Rekomendasi Film Sejarah Islam Terbaik, Mana Favoritmu?

Lebarkan Wawasan dengan 5 Rekomendasi Film Sejarah Islam Terbaik, Mana Favoritmu?

Bagi umat Islam, mempelajari sejarah tentang Agama Islam sangatlah menarik untuk disimak sebab banyak sekali pesan baik yang ada didalamnya. Di jaman sekarang ini, untuk belajar sejarah Islam tidak hanya melalui buku saja, namun bisa juga melalui sebuah film.

Film sejarah Islam bisa dibilang sangat banyak, ada yang menceritakan tentang Nabi, para sahabat Nabi, ataupun para pejuang Islam lainnya. Berikut ini rekomendasi film sejarah Islam yang bisa memperluas wawasan kita.

    1. Kingdom of Heaven

Kingdom of Heaven merupakan salah satu film sejarah Islam yang memiliki cerita sangat epik yang dirilis pada tanggal 6 Mei 2005 hasil garapan oleh sutradara Ridley Scoot.

Selain hasil garapan sutradara ternama, dalam film sejarah Islam ini juga menghadirkan deretan aktor bintang seperti, Orlando Bloom, Eva Green, Edward Norton,d an Loam Neeson.

Film “Kingdom of Heaven” berfokus pada cerita perang salib di Kota Yerusalem yang di rebut oleh umat Muslim yang dipimpin oleh Salahuddin Al Ayyubi dari umat Kristen.

    1. Khalid Ibn Al Walid

Film sejarah Islam ini menceritakan kisah khalid Ibn Al Walid yang merupakan sosok ahli taktik militer sekaligus dikenal sebagai sosok sahabaty Nabi Muhammad SAW.

Beliau menjadi salah satu dari banyaknya panglima yang memiliki peran penting dan tidak pernah mengalami kekalahan sepanjang karirnya dalam bidang militer.

Bukan hanya itu saja, Khalid Ibn Al Walid juga menjadi pemimpin pasukan Manidah yang dibawahi kekuasaan Rasulullah dan juga para penerusnya seperti Umar bin Khattab dan juga Abu Bakar.

    1. Malcolm X

Rekomendasi film sejarah Islam selanjutnya ini berjudul Malcolm X. film yang satu ini merupakan film yang memiliki alur cerita tentang sosok tokoh sejarah Islam yang memiliki latar belakang Afrika-Amerika.

Latar belakang Malcolm ini membuatnya mendapatkan banyak perlakukan rasisme. Akan tetapi, Malcolm tidak diam saja, ia justru terus menyampaikan pesan baik tentang Agama Islam dan rasisme.

Malcolm memiliki perjalanan yang cukup panjang hingga berakhir dengan yakin untuk memeluk Islam sebagai Agamanya. Meskipun Malcolm sempat terjerumus masuk ke dalam organisasi Islam yang radikal, namun ia percaya Agama Islam bisa membawa kebaikan bagian setiap orang.

Hal ini tentu dapat memberikan inspirasi bagi banyak orang yang menontonnya.

    1. Men of Anjolos

Film sejarah Islam berjudul “Men of Anjolos” ini merupakan film yang mengangkat cerita kahfi yang ada dalam surat Al-Kahfi. Film yang dirilis pada tahun 1997 ini menjadi film sejarah Islam yang tidak boleh terlewatkan.

Menceritakan tentang tujuh pemuda yang tertidur dengan jangka waktu yang cukup lama di dalam goa. Awalnya, para pemuda tersebut melarikan diri ke dalam goa bertujuan untuk menghindari dari raja zalim yang akan membunuh mereka karena memeluk Agama Islam.

Dengan kuasa Allah SWT, tujuh pemuda tersebut ditidurkan selama ratusan tahun tanpa ada seorang pun yang tahu keberadaannya.

Ketika para pemuda itu bangun, Islam sudah menjadi agama yang sudah tersebar luas.

    1. Islamic Art: Mirror of the Invisible World

Film sejarah Islam yang penuh dengan edukasi ini dibuat dengan format documenter. Pasalnya, film ini akan membawa dalam perjalanan melintasi beberapa negara untuk menulusuri jejak Islam yang sudah berumur jutaan tahun lebih.

Di dalam film ini akan mengeksplorasi ornament, ruang hingga warna yang terdapat kisah menarik yang dibaliknya banyak karya seni dan arsitektur dalam Islam seperi Masjid monumental dan seni kaligrafi yang sangat indah.

Film yang satu ini juga menkaji bagaimana seni menurut Islam yang dapat mengubah kata-kata menjadi mahkarya kaligrafi yang ekspresif.

Lifestyle